Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

Harga Eceran Beras di Indonesia Usai Naik per 1 Juni 2024

InfoEkonomi.ID – Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) resmi menaikkan harga beras eceran sejak 1 Juni 2024 lalu. Kenaikan ini berlaku di pasar tradisional maupun retail modern yang merupakan bagian dari perpanjangan relaksasi harga eceran tertinggi (HET) beras.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Kepala Badan Pangan Nasional kepada pemangku kepentingan perberasan Nomor 160/TS.02.02/K/5/2024 yang dikeluarkan pada 31 Mei 2024.

- Advertisement -

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjelaskan bahwa kenaikan HET ini mencakup beras medium dan premium. Menurutnya, langkah ini diambil untuk mengantisipasi fluktuasi harga komoditas global dan dampak perubahan iklim terhadap produksi pangan nasional.

“Perpanjangan relaksasi HET beras ini diberlakukan pada hari ini sampai regulasi baru terkait HET dalam bentuk peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) sebagai perubahan Perbadan Nomor 7 Tahun 2023 terbit,” kata Arief dalam keterangan resmi, Minggu (2/6).

- Advertisement -

Arief menyatakan bahwa keputusan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, yang menyebut bahwa penyesuaian HET beras diperlukan berdasarkan situasi dan kondisi saat ini. Jokowi menekankan bahwa berbagai faktor, termasuk biaya agroinput dan biaya-biaya lain yang membentuk harga beras, mempengaruhi keputusan ini.

“Harga eceran tertinggi itu sulit turun, meskipun produksi panen raya sudah melimpah. Karena memang biaya agroinput, biaya petani, sewa lahan, pokok, tenaga kerja, semuanya naik,” kata Jokowi tempo hari lalu.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img