Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 4,7%-5,5% di 2024

- Advertisement -

InfoEkonomi.ID – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan berada dalam kisaran 4,7-5,5% pada tahun 2024. Hal ini disampaikannya setelah Rapat Dewan Gubernur BI yang berlangsung pada 19 Maret dan 20 Maret 2024.

“Pertumbuhan ekonomi 2024 diprakirakan berada dalam kisaran 4,7-5,5%,” Perry Warjiyo dalam konferensi pers Hasil Rapat Dewan Gubernur Maret 2024 di Gedung BI, Jakarta pada Rabu (20/3/2024).

- Advertisement -

Perry Warjiyo menjelaskan bahwa proyeksi tersebut didukung oleh kinerja ekonomi Indonesia yang tetap kuat, didorong oleh permintaan domestik yang baik dari konsumsi rumah tangga dan investasi.

Investasi di sektor bangunan di Indonesia juga lebih tinggi dari yang diperkirakan, didukung oleh berlanjutnya Proyek Strategis Nasional (PSN) di beberapa daerah dan perkembangan properti swasta sebagai hasil positif dari insentif pemerintah.

- Advertisement -

“Konsumsi rumah tangga dan investasi nonbangunan tetap terjaga, meskipun perlu terus didorong untuk mendukung berlanjutnya pemulihan ekonomi nasional,” papar Gubernur BI.

Ia melanjutkan, bertahannya permintaan domestik tecermin pada sejumlah indikator, seperti Indeks Keyakinan Konsumen, Indeks Penjualan Riil, dan PMI Manufaktur yang berada di zona optimis.

Ekspor Barang
Sementara itu, ekspor barang diprakirakan belum kuat. Hal ini seiring penurunan permintaan dari negara mitra dagang utama, khususnya untuk komoditas CPO, besi baja, dan batu bara, sedangkan ekspor jasa khususnya pariwisata tumbuh kuat.

“Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi stimulus fiskal Pemerintah dengan stimulus makroprudensial Bank Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sisi permintaan domestik,” tutup Perry Warjiyo.

- Advertisement -

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memproyeksi ekonomi global akan tumbuh di kisaran 3,0% pada 2024 seiring pemulihan ekonomi global yang berlanjut.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img