Rabu, April 24, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

Pemanfaatan Teknologi Informatika dalam Kehumasan Pemerintah

- Advertisement -

Sejatinya, teknologi senantiasa berwajah ganda, di satu sisi dia membantu manusia tetapi di sisi lain terkadang teknologi justru merepotkan manusia. Yang harus ditekankan adalah, bahwa teknologi digunakan sebagai alternatif bukan sebagai ketergantungan diri kepada teknologi.

Media sosial misalnya, membantu kita berkomunikasi mengatasi ruang dan waktu tetapi merepotkan kita dengan hoax dan disinformasi. Oleh karena itu sangat penting kita menggunakan teknologi ini secara terukur menjadikan dia sebagai alternatif bukan menggantungkan diri kita kepada si teknologi ini.

- Advertisement -

Kemunculan Artificial Intelligence (AI) sebagai kecerdasan buatan bahkan membuat para penciptanya sendiri khawatir dengan akan terjadinya dehumanisasi akibat teknologi ini.

Produsen teknologi sekelas Elon Musk mengatakan, bahwa Artificial Intellegence bisa membunuh peradaban manusia, begitu juga para ilmuwan ataupun teknologi lainnya.

- Advertisement -

Bahkan ada seorang ilmuwan yang mengatakan, bahwa manusia pada awalnya menciptakan teknologi namun pada akhirnya teknologi tersebut yang mengatur manusia. Oleh karena itu, bilamana pemerintah menggunakan teknologi Blockchain ini oleh humas pemerintah maka hal tersebut  dalam konteks membantu, bukan kemudian dalam konteks menggantikan.

Untuk itu, agar pengembangan dan perkembangan teknologi tetap berpusat pada manusia, Indonesia sudah memiliki Strategi Nasional (Stranas) dalam pengembangan teknologi kecerdasan buatan. Strategi Nasional yang dimiliki sangat komprehensif meliputi pengembangan tetapi juga ada kebijakan termasuk pengembangan etika serta regulasi.

(Insight from: Usman Kansong, Dirjen IKP Kominfo RI)

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img