Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

Dirut Krakatau Steel Proyeksikan Permintaan Baja ASEAN Naik Hingga 77,9 Juta Ton

InfoEkonomi.ID – Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS), Purwono Widodo, menyebutkan, permintaan baja di kawasan ASEAN diprediksi akan mencapai 77,9 juta ton, meningkat 3,5 juta ton dari kebutuhan tahun 2022 ton yang sebesar 75,3 juta ton, dengan total produksi sebesar 58,5 juta ton, meningkat 9,1 persen dari produksi di tahun sebelumnya.

Adapun, World Steel Association telah memproyeksikan permintaan baja global pada tahun 2023 setidaknya akan tumbuh sebesar 1,1 persen untuk mencapai sekitar 1,8 miliar metrik ton. Hal tersebut disampaikan Purwono saat membuka acara SEAISI Conference & Exhibition 2023 di Manila, Filipina, Senin (22/5).

- Advertisement -

“Ekspor dari ASEAN juga terus meningkat sejak tahun 2016 dengan total ekspor 8,6 juta ton dan menjadi 25,1 juta ton pada tahun 2022. Meskipun ada perkembangan positif dari permintaan, produksi, dan ekspor, penting untuk dicatat bahwa ASEAN adalah importir baja yang besar selama bertahun-tahun,” jelas Purwono.

Selanjutnya Purwono menyampaikan bahwa di tahun 2022 jumlah impor baja ASEAN mencapai 44,5 juta ton atau lebih dari 57 persen kebutuhan baja ASEAN. Ini adalah tantangan kita untuk menurunkan tingkat impor sebanyak mungkin dan meningkatkan produksi baja di regional ASEAN.

- Advertisement -

“Industri baja ASEAN harus bekerja sama untuk melindungi pasar regional kita dari praktik perdagangan yang tidak adil dari sumber kelebihan kapasitas dengan harga impor yang rendah sehingga menyebabkan injury pada industri baja domestik di ASEAN,” tegas Purwono yang juga merupakan Chairman Indonesian Iron & Steel Industry Association (IISIA).

Industri baja ASEAN juga menghadapi tantangan besar berupa kelebihan potensial kapasitas. SEAISI memperkirakan penambahan kapasitas baja di ASEAN akan mencapai 90 juta ton dalam 5-10 tahun mendatang, didominasi oleh investasi dari Cina. Kapasitas tambahan ini sangat besar dibandingkan dengan pertumbuhan permintaan bajaASEAN.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img