Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

OJK Terus Kembangkan Kapabilitas Supervisory Technology

InfoEkonomi.ID – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengembangkan kapabilitas pengawasan agar terintegrasi dengan teknologi (supervisory technology) supaya penggunaan teknologi untuk pengawasan bisa menyeimbangkan inovasi teknologi yang digunakan pelaku jasa keuangan.

Hal tersebut diungkap Kepala Departemen Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan OJK, Bernard Wijaya dalam paparan materinya bertema “Penguatan Pengawasan Perilaku Sektor Jasa Keuangan di Era Digital” dalam acara Webinar Nasional Info Ekonomi – Financial Forum 2023.

- Advertisement -

“Ketika inovasi berjalan lebih cepat dari regulasi, pengawasan dan perlndungan konsumen maka yang terjadi adalah industri yang berjalan tanpa rambu-rambu. Hal ini rawan memicu kehadiran entitas jasa keuangan digital yang ilegal dan tak beretika yang bisa merugikan konsumen,” papar Bernard Wijaya.

Dirinya mengatakan, kehadiran dan kecepatan pertumbuhan inovasi keuangan digital perlu diimbangi dengan penguatan pengawasan, regulasi dan upaya perlindungan konsumen. “Tidak terwujud keseimbangan adalah tidak ideal dan merugikan, baik bagi konsumen maupun penyelenggara jasa keuangan digital,” imbuh Bernard yang hadir sebagai pembicara dalam event yang digelar InfoEkonomi.ID dan TRAS N CO Indonesia, Rabu (12/04).

- Advertisement -

Bernard memaparkan pertumbuhan pengguna internet yang meningkat tajam di Indonesia (tak kurang dari 200 juta pengguna) telah membuat pelaku usaha jasa keuangan (PJUK) berlomba-lomba mengeluarkan produk dan layanan jasa keuangan berbasis digital yang mau tak mau harus diimbangi dengan edukasi yang baik kepada konsumen industri jasa keuangan terkait layanan keuangan digital.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img