Rabu, Juni 19, 2024
spot_img

OJK Apresiasi Bank Jatim Tingkatkan Literasi – Inklusi Keuangan

InfoEkonomi.ID – Belum semua masyarakat melek keuangan. Sementara pemerintah menargetkan inklusi keuangan atau akses masyarakat terhadap produk maupun jasa keuangan mencapai 90 persen pada 2024 mendatang.

Sejauh ini berdasarkan survei nasional pada 2019, tingkat inklusi keuangan nasional berada di angka 76,19 persen. Inklusi keuangan memiliki manfaat, di antaranya untuk meningkatkan efisiensi ekonomi dan mendukung stabilitas sistem keuangan.

- Advertisement -

“Tingkat literasi dan inklusi keuangan di Jawa Timur sudah berada di atas rata-rata nasional. Tingkat literasi 48.95 persen dan inklusi sebesar 87,96 persen. Namun, dari angka tersebut terdapat gap atau jarak yang jauh antara literasi dan inklusi,” ujar Donny Eko Arifianto, Kepala Bagian Pengawasan Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang saat menghadiri Kraksaan Youth Funday yang digelar Bank Jatim di Alun-alun Kraksaan, Minggu (16/10).

Berdasarkan survei tersebut dapat diartikan masyarakat di Jatim sudah memiliki akses terkait produk maupun kegiatan jasa keuangan. Namun, belum sepenuhnya memahami manfaat atau risiko dari produk yang dimaksud.

- Advertisement -

“Akses keuangan merupakan dasar bagi masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat,” katanya dikutip dari Radar Bromo.

Menurutnya, untuk mewujudkan keungan yang kondusif harus diiringi juga dengan upaya mendorong masyarakat agar faham dan melek akan layanan jasa keuangan.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img