Senin, Mei 27, 2024
spot_img

BERITA UNGGULAN

BSI Dukung Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia

InfoEkonomi.ID – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI mendukung aspirasi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri Makanan dan Minuman (MaMin) halal dunia.

Direktur Treasury & International Banking BSI Moh Adi mengungkapkan, besarnya potensi bisnis tersebut, menjadikannya sebagai salah satu sektor prioritas untuk dikembangkan terlebih dulu.

- Advertisement -

“Tidak hanya dari sudut pandang besarnya permintaan terhadap mamin halal, tapi karena pengembangan sektor ini menjadi salah satu upaya dalam mendukung penguatan ketahan pangan,” ujar Adi dalam Webinar Nasional Membangun Makanan dan Minuman Halal Dalam Negeri Serta Dukungan Perbankan Syariah, Senin (26/9).

Menurutnya, Indonesia mempunyai potensi besar sebagai pemimpin dan pencetus awal dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah secara global. Bahkan industri halal di Indonesia khususnya industri mamin memiliki nilai market terbesar di dunia yaitu mencapai US$ 135 miliar.

- Advertisement -

Saat ini, kata Adi, industri pengolahan secara umum masih bergantung pada impor. Tercatat 71% total impor Indonesia merupakan impor bahan baku dan barang pendukung industri pengolahan.

Untuk mamin dan industri pengolahan, kata dia, ketergantungan atas bahan baku impor akan memunculkan isu terjamin atau tidaknya ke halalan bahan baku tersebut. Untuk itu, pengembangan ini sangat bergantung pada jaminan halal baik dari rantai pasok hulu ke hilir.

Dengan demikian, industri mamin halal sejatinya dapat direalisasikan dengan mengurangi ketergantungan impor dan membangun industrinya dari hulu ke hilir di dalam negeri.

Tak hanya itu, dia juga menilai pentingnya untuk melakukan sertifikasi halal setiap produk dan bahan baku dalam proses produksi ataupun rantai pasok.

- Advertisement -

“Dengan strategi tersebut diharapkan akan membuka peluang untuk mendorong industri mamin halal hingga segmen industri kecil dan menengah dan tidak hanya menjadi peluang bagi korporasi besar,” kata Adi.

Kirimkan Press Release berbagai aktivitas kegiatan Brand Anda ke email sekred@infoekonomi.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Info Hari Ini

HOT NEWS

4,488FansSuka
6,727PengikutMengikuti
2,176PelangganBerlangganan

TERPOPULER

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img